11 Cara Mempromosikan Produk Secara Online Paling Jitu

11 Cara Mempromosikan Produk Online Paling Jitu - Anda telah memiliki sebuah produk dan menciptakan toko online Anda. Sekarang apa yang harus anda lakukan?

Saatnya untuk mulai mengarahkan traffic  ke toko online Anda. Entah Anda mencoba melakukan penjualan pertama atau bisnis Anda sudah lama anda jalankan, selalu ada baiknya menemukan lebih banyak cara untuk mempromosikan produk Anda.

Cara Mempromosikan Produk Online Paling Jitu

Berikut adalah 11 cara kreatif untuk mempromosikan produk baru atau yang sudah ada di toko online Anda.

cara mempromosikan produk secara online

1. Email Marketing

Email adalah salah satu saluran yang paling konsisten efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Dan sementara saluran seperti penelusuran butuh beberapa saat untuk mulai menghasilkan trafik organik, pemasaran email dapat mulai bekerja dengan segera. Itu sebabnya Anda harus menggunakan email untuk mempromosikan toko Anda.

Tidak perlu menghabiskan seluruh waktu Anda untuk menulis dan mengirim email. Buatlah dan siapkan kumpulan promosi email otomatis yang dirancang untuk meningkatkan pendapatan Anda. Ada banyak pilihan yang tersedia, seperti:

  • Mengirimkan email kepada pelanggan baru dan menawarkan insentif untuk berbelanja.
  • Mengirimkan email baru ke pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan.
  • Mengirimkan email kepada pengunjung yang meninggalkan keranjang mereka dan mengingatkan mereka untuk menyelesaikan pembelian mereka.

2. Program Afiliasi

Jika Anda berjuang untuk melakukan penjualan dan Anda tidak memiliki uang untuk menyewa bantuan pemasaran, pertimbangkan untuk menambahkan program afiliasi ke toko Anda. Program pemasaran afiliasi memungkinkan orang lain mempromosikan produk Anda untuk sebuah komisi. Anda hanya harus membayar mereka jika mereka menghasilkan penjualan.

Program afiliasi biasanya bekerja dengan membuat URL khusus untuk setiap orang yang mempromosikan produk Anda. Mereka dapat berbagi tautan ini di media sosial, dalam sebuah postingan blog yang mengulas produk Anda, atau bahkan di video YouTube di mana mereka memamerkannya. Melalui tautan khusus, Anda dapat melacak siapa yang mendorong penjualan untuk Anda.

3. Pinterest

Pinterest adalah tempat untuk membeli atau menjual produk secara online. 93% responden aktif mengatakan bahwa mereka menggunakan Pinterest untuk merencanakan pembelian. Tidak mengherankan, banyak orang menggunakan Pinterest untuk membangun daftar keinginan. Hal ini menjadikannya tempat yang tepat untuk mempromosikan produk-terutama produk yang dirancang dengan baik dan memiliki gambar yang menarik.

Kabar baiknya adalah pinterest cenderung bertahan lama. Optimalkan pinterest Anda dengan memposting  ketika banyak orang yang online, menggunakan kata kunci yang tepat, dan menggunakan gambar yang menarik. Anda bahkan bisa menjalankan kontes untuk memperluas jangkauan Anda.

Pastikan Anda mengaktifkan Rich Pins untuk menambahkan informasi produk tambahan.

4. Pinterest Buyable Pins

Jika Anda menjalankan toko Shopify yang memenuhi persyaratan kelayakan, Anda dapat membawa pemasaran Pinterest Anda ke tingkat berikutnya dengan mengaktifkan Buyable Pins. Pilihan ini memudahkan Pinners untuk membeli produk yang mereka lihat di Pinterest sambil membantu pedagang menjual lebih banyak.

Anda dapat mengaktifkan Buyable Pins dengan menambahkan Pinterest Channel ke toko Shopify Anda. Setelah siap, semua pin produk Anda akan menyertakan tombol beli.

5. Facebook Custom Audiences

Miliaran orang sudah menggunakan Facebook, dan sebagai platform periklanan, ia menawarkan pilihan yang sangat bertarget untuk menjalankan iklan berbayar. Facebook Custom Audiences pada khususnya, adalah cara yang berguna untuk mengiklankan sebuah produk.

Dengan Facebook Custom Audiences, Anda bisa beriklan ke pengunjung situs Anda atau email pelanggan. Iklan ini cenderung sangat efektif karena Anda tahu lebih banyak tentang siapa yang Anda targetkan dan dapat menyesuaikan iklan Anda sesuai dengan itu.

Baca juga : Panduan Pemula Mengenai Facebook Custom Audience

6. Toko Facebook

Anda dapat melakukan pemasaran Facebook Anda selangkah lebih maju dengan menambahkan Bagian Toko Facebook ke halaman Facebook Anda. Pilihan ini memudahkan orang yang menemukan produk Anda di Facebook untuk membelinya.

Jika Anda memiliki toko Shopify, tambahkan Facebook sebagai saluran penjualan. Anda dapat membuat Bagian Toko Anda sendiri di halaman Facebook Anda di mana pelanggan dapat mempelajari produk Anda, melihat gambar, dan klik tombol beli untuk melakukan pembelian.

7. Search Engine Optimization

Mengoptimalkan mesin pencari atau biasanyan di sebut SEO membutuhkan beberapa langkah, mulai dari pembentukan strategi keyword, hingga melakukan penelitian keyword yang lebih terperinci.  Namun, ini adalah suatu hal yang berat, tapi ini adalah salah satu yang bisa Anda manfaatkan saat toko Anda mulai mendapatkan daya tarik.

8. Blogger

Salah satu bagian paling sulit memulai bisnis baru adalah mempromosikan produk saat Anda tidak memiliki pelanggan. Jika Anda tidak memiliki blog atau komunitas sendiri, Anda harus membayar untuk mengarahkan trafik ke website Anda.

Mintalah blogger professional  untuk menampilkan atau meninjau produk Anda. Jika mereka memiliki pemirsa yang mempercayai pendapat mereka, hal itu bisa mendorong banyak trafik dan bisa meningkatkan penjualan.

9. Instagram

Instagram memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif dan fokus visualnya sangat cocok untuk mempromosikan produk. Setengah dari pengguna tersebut ada di Instagram setiap hari. Setiap pemilik bisnis  akan memanfaatkannya dengan baik untuk berbagi produk mereka di jaringan ini.

Ada banyak cara untuk menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan toko Anda. Anda dapat berbagi gambar menarik dari produk Anda, bagikan video stop motion dari salah satu produk Anda, jalankan kontes, atau hubungi akun Instagram yang memiliki banyak follower dan mintalah mereka untuk membagikan produk Anda.

Baca Juga : Panduan Cara Beriklan Di Instagram Dengan Mudah

10. YouTube

YouTube telah menjadi salah satu search engine terbesar di dunia untuk pencarian video. Terlebih lagi, video YouTube juga bisa masuk dalam mesin pencari seperti Google. Ini merupakan peluang trafik yang sangat besar.

Anda tidak perlu membuat video viral untuk mendapatkan hasil di YouTube. Anda tetap dapat mempromosikan produk Anda dengan video yang menarik atau bermanfaat. Banyak orang mungkin sudah mencari produk atau merek Anda di YouTube. Dengan membuat saluran bermerek, dengan video Anda sendiri, Anda dapat mengontrol narasinya.

11. Jalankan Sebuah Kontes

Kontes adalah cara mudah dan terjangkau untuk mempromosikan produk Anda di depan banyak orang. Ketika membuat kontes, anda harus  memastikan kontes Anda berada di depan orang yang tepat atau calon pelanggan.

Namun, banyak kontes gagal. Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mempromosikan bisnis Anda. Pastikan platform, waktu, pesan, dan langkah-langkah yang harus diambil orang untuk mengikuti kontes Anda di siapkan dengan baik.

0 Response to "11 Cara Mempromosikan Produk Secara Online Paling Jitu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel