Cara Menulis Perencanaan Bisnis untuk Bisnis Dropship Anda

Cara Menulis Perencanaan Bisnis untuk Bisnis Dropship Anda - Apakah Anda memulai bisnis Dropship atau mencoba mendapatkan pinjaman untuk bisnis Anda? Jika demikian, Anda perlu tahu bagaimana menulis perencanaan bisnis.

Perencanaan bisnis memungkinkan pengusaha untuk secara formal menganalisis dan menentukan setiap aspek dari ide bisnis mereka. Dalam postingan ini, Anda akan belajar bagaimana menulis perencanaan bisnis untuk bisnis Dropship Anda bersama dengan sumber daya perencanaan bisnis terbaik.

Apa Itu Perencanaan Bisnis?

Cara Menulis Perencanaan Bisnis untuk Bisnis Dropship Anda

Perencanaan bisnis adalah dokumen resmi yang menguraikan sasaran bisnis Anda dan bagaimana bisnis Anda akan mencapai tujuan tersebut. Perencanaan bisnis adalah panduan pribadi untuk Anda gunakan saat memulai, memelihara, dan mengembangkan bisnis.

Menulis perencanaan bisnis akan memungkinkan sobat menganalisis setiap hal dari bisnis Anda untuk memastikan kesuksesan sobat secara keseluruhan.

Sebagian besar lembaga keuangan dan penyedia layanan akan meminta Anda untuk mengirimkan perencanaan bisnis rinci jika Anda ingin memperoleh dana untuk bisnis Anda. Karena bisnis pengiriman Anda kemungkinan akan membutuhkan biaya yang rendah untuk memulai, Anda mungkin tidak memerlukan dana dan oleh karena itu, mungkin tidak merasa perlu untuk menulis perencanaan bisnis.


Jika Anda baru memulai bisnis Anda, gunakan untuk membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, komunikasikan visi Anda kepada orang lain, dan kembangkan perkiraan yang akurat.

Jika sobat mengembangkan bisnis sobat, gunakan untuk membantu meningkatkan modal ekspansi, menemukan peluang, menciptakan strategi pertumbuhan, dan mengurangi risiko.

Terlepas dari pemirsa  yang Anda targetkan, sasaran Anda sama objektifnya dengan bisnis Anda saat menulis perencanaan bisnis Anda. Ini akan memungkinkan Anda mengatasi tantangan di atas kertas sebelum menjadi awal dari akhir bisnis Anda.

Ini akan memungkinkan sobat memperbaiki ide bisnis sobat untuk memberikan potensi sebanyak mungkin untuk sukses. Setelah melakukan hal-hal ini, Anda bisa menyelesaikan perencanaan bisnis yang solid untuk tujuan formal.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Dropship Dengan Mudah


Informasi Pribadi Apa Yang Harus Disertakan Dalam Perencanaan Bisnis Anda?

Saat Anda menulis perencanaan bisnis, Anda juga harus meluangkan waktu untuk tidak hanya menganalisis ide bisnis , tapi juga Anda sendiri. Bergantung pada apakah perencanaan bisnis Anda adalah memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, Anda mungkin ingin membutuhkan pertanyaan berikut karena akan membantu sobat menjawab pertanyaan tentang ide bisnis sobat di sepanjang jalan.

  • Mengapa Anda ingin memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
  • Apakah tujuan Anda (pribadi dan profesional) dan nilai sesuai dengan ide bisnis Anda?
  • Penghasilan apa yang Anda butuhkan untuk menghasilkan untuk diri sendiri?
  • Pendidikan, pengalaman, dan keterampilan apa yang Anda bawa ke bisnis Anda?
Mengakui niat pribadi, sasaran dan aset Anda akan memungkinkan Anda membuat perencanaan bisnis yang membuat Anda termotivasi sebagai pemilik bisnis.

Cara Menulis Perencanaan Bisnis

Menurut template perencanaan bisnis yang dibuat oleh SCORE, Deluxe, dan SBA, perencanaan bisnis tradisional mencakup bagian berikut. Bacalah uraian setiap bagian dan kerjakan pada mereka sesuai urutan yang paling mudah untuk Anda.

Ringkasan Perencanaan Bisnis

Ringkasan Eksekutif adalah bagian pertama dari perencanaan bisnis Anda. Bagian ini merangkum keseluruhan perencanaan bisnis Anda dalam satu halaman, menyoroti rincian tentang bisnis Anda yang akan merangsang calon investor dan pemberi pinjaman tentang potensinya.

Ringkasan Eksekutif Anda harus menjelaskan apa bisnis yang ditawarkan, target pasar Anda, apa yang membedakan Anda dari kompetisi, sedikit tentang diri Anda dan orang-orang inti di balik bisnis Anda, dan proyeksi realistis tentang kesuksesan bisnis Anda.

Meskipun ini adalah bagian pertama dari perencanaan bisnis Anda, ini adalah bagian yang Anda tulis setelah Anda menyelesaikan keseluruhan perencanaan bisnis Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menempatkan bagian terbaik dari perencanaan bisnis Anda di halaman pertama.

Deskripsi Perusahaan

Dalam Deskripsi Perusahaan, Anda akan mengumpulkan rincian tentang bisnis Anda. Ini harus merangkum dasar-dasar tentang bisnis Anda termasuk nama, lokasi, struktur hukum (pemilik tunggal, kemitraan, perusahaan, dll.), Nomor ID bisnis, dan pajak, izin, kapan bisnis dimulai, informasi kepemilikan, dan jumlah karyawan .

Pernyataan misi, filosofi / nilai, visi, tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan Anda, dan tonggak sejarah beserta gambaran singkat industri, pasar, prospek, dan pesaing Anda juga harus menjadi bagian dari bagian Deskripsi Perusahaan.

Ingatlah saat Anda membuat bagian ini bahwa ini adalah rincian yang akan Anda gunakan setiap kali Anda membuat profil untuk bisnis Anda di media sosial, direktori bisnis, dan jaringan lainnya. Penting agar informasi Anda tetap konsisten sehingga calon pelanggan Anda yakin dapat menemukan bisnis Anda di seluruh web dan dapat diarahkan langsung ke toko online utama Anda.

Produk dan Layanan

Bagian Produk & Layanan harus merinci apa yang akan dijual bisnis Anda kepada pelanggannya. Karena bisnis Dropship menjual produk fisik, bagian ini harus menjelaskan produk tren apa yang akan Anda jual, , bagaimana Anda akan menilai harga produk Anda dibandingkan pesaing Anda, margin keuntungan yang diharapkan, dan detail produksi dan pengiriman.

Anda juga harus menyertakan poin penjualan unik yang Anda miliki dengan produk atau pengelompokan produk tertentu, seperti perjanjian dengan biaya rendah dan eksklusif dengan vendor, kemampuan untuk mendapatkan produk yang kekurangan pasokan / permintaan tinggi berdasarkan koneksi Anda, layanan pelanggan yang dipersonalisasi, atau keuntungan lainnya.

Untuk bisnis Dropship yang menjual ratusan atau bahkan ribuan produk, tujuan dari bagian ini adalah untuk merinci kategori utama produk yang akan Anda jual dan jumlah produk yang ingin Anda tawarkan dalam setiap kategori.

Dengan melakukan ini, Anda harus bisa lebih memvisualisasikan penawaran bisnis Anda secara keseluruhan untuk menentukan apakah Anda memerlukan lebih banyak produk dalam satu kategori untuk menyempurnakan toko online Anda.

Analisis Pasar

Bagian Analisis Pasar dalam perencanaan bisnis Anda memungkinkan Anda untuk berbagi penelitian yang telah Anda lakukan untuk mengetahui target Anda  dan calon pembeli produk Anda. Pembaca perencanaan bisnis Anda ingin tahu bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang industri Anda, analisis pesaing, dan orang-orang yang paling mungkin menjadi pelanggan Anda.

Mereka ingin tahu bahwa ada pasar yang cukup besar untuk produk Anda agar menguntungkan, dan untuk tujuan pendanaan, untuk menghasilkan laba atas investasi yang kuat.

Untuk melengkapi komponen analisis pasar dari perencanaan bisnis Anda, Anda mungkin ingin menggunakan sumber daya berikut untuk riset industri, pasar, dan ekonomi lokal.

Cara lain untuk meneliti pasar dan produk Anda adalah melalui Google Trends. tool gratis ini akan memungkinkan Anda melihat seberapa sering orang mencari produk yang ditawarkan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Pastikan untuk menjelaskan bagaimana bisnis Anda berencana untuk memanfaatkan tren penurunan dan penurunan harga yang sesuai.

Pemasaran dan Penjualan

Mengetahui target pasar Anda adalah setengah pertempuran. Di bagian Marketing & Sales, Anda akan membagikan bagaimana Anda merencanakan untuk mencapai target pasar Anda dengan bisnis Anda dan bagaimana Anda akan menjual produk Anda di pasar.

Gunakan bagian ini untuk menjelaskan strategi pemasaran dan periklanan yang ingin Anda gunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada calon pelanggan - pemasaran pencarian, pemasaran media sosial, pemasaran konten, pemasaran email, dan saluran iklan.

Jika Anda tidak yakin bagaimana memasarkan produk bisnis Anda, analisis pesaing Anda bisa memberi Anda beberapa inspirasi. Menemukan taktik pemasaran pesaing Anda dapat membantu Anda menyesuaikan strategi Anda sendiri untuk membangun basis pelanggan dan akhirnya membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Cukup lakukan pencarian Google untuk nama bisnis pesaing Anda untuk menemukan situs web, akun sosial, dan konten yang dibuat oleh mereka untuk memasarkan produk mereka. Lihatlah cara pesaing Anda menggunakan setiap entitas online untuk mengarahkan pelanggan baru ke toko online mereka.

Anda juga akan menyertakan bagaimana Anda merencanakan untuk mengonversi yang Anda dapatkan dengan pesan pemasaran dan periklanan Anda menjadi pelanggan. Untuk bisnis Dropship, konversi biasanya akan dilakukan di situs Anda saat orang membeli produk dan / atau telepon Anda jika Anda menerima pesanan melalui telepon.

Manajemen dan Organisasi

Dalam bagian Manajemen & Organisasi dari perencanaan bisnis Anda, Anda akan menjelaskan struktur bisnis Anda. Dalam hal struktur hukum, sebagian besar bisnis diklasifikasikan sebagai kepemilikan tunggal (satu pemilik), kemitraan (dua atau lebih pemilik) , dan perusahaan .

Jika Anda adalah solopreneur di balik bisnis Dropship Anda, Anda harus menyertakan bagaimana pengalaman masa lalu dan pengalaman kerja Anda akan membantu Anda menjalankan berbagai aspek bisnis Anda. Jika Anda memiliki satu atau lebih mitra dan karyawan, Anda harus memasukkan pendidikan dan pengalaman mereka yang relevan juga.

Anggap ini sebagai cara yang baik untuk mengevaluasi kekuatan masing-masing individu yang menjalankan bisnis Anda. Saat mengevaluasi diri Anda, Anda dapat mengidentifikasi aspek bisnis Anda yang akan lebih mudah dikelola dan aspek yang mungkin ingin Anda delegasikan ke pekerja lepas, kontraktor, karyawan, dan layanan pihak ketiga.

Saat mengevaluasi orang lain, Anda akan dapat menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan kekuatan mereka untuk pertumbuhan bisnis.

Permintaan Pendanaan

Kemungkinannya adalah, Anda tidak memiliki permintaan pendanaan untuk bisnis Dropship startup karena daya tarik Dropship adalah investasi awal yang rendah. Jika Anda mencari pinjaman, bagaimanapun, ini akan menjadi bagian di mana Anda menguraikan jumlah rupiah yang Anda butuhkan, apa yang ingin Anda investasikan, dan bagaimana Anda melihat laba atas investasi Anda.

Cara lain untuk menggunakan bagian ini adalah menganalisis investasi yang Anda miliki atau rencanakan saat memulai atau mengembangkan bisnis Anda. Ini harus mencakup semuanya, mulai dari komputer yang Anda jalankan dari biaya bulanan pemasaran dan layanan bisnis lainnya.

Proyeksi Keuangan

Dalam Proyeksi Keuangan, Anda harus membagikan proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda selama lima tahun pertama bisnis Anda. Idenya adalah untuk menunjukkan bahwa pendapatan yang diproyeksikan bisnis Anda akan menghasilkan pengembalian investasi, baik dari keuangan pribadi Anda atau dari layanan pinjaman modal.

Jika Anda mencari pendanaan, Anda harus menjelaskan secara rinci dengan memasukkan laporan pendapatan, neraca, laporan arus kas, dan anggaran belanja yang diproyeksikan. Jika Anda tidak mencari pendanaan, tidak ada salahnya membuat proyeksi keuangan semacam ini sehingga Anda bisa merencanakan secara realistis masa depan bisnis Anda.

Lampiran

Lampiran dari perencanaan bisnis Anda mencakup semua dokumen yang dibutuhkan sebagai suplemen di seluruh bagian perencanaan bisnis Anda. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, riwayat kredit, resume, brosur produk, referensi, lisensi, izin, paten, formulir hukum, izin, dan kontrak pemasok.

Jika Anda mengirimkan perencanaan bisnis Anda untuk pendanaan, hubungi kreditur untuk melihat dokumentasi apa yang mereka inginkan disertakan dengan permintaan pendanaan Anda.

Analisis SWOT

Selain bagian di atas, beberapa perencanaan bisnis juga mencakup Analisis SWOT. Ini adalah ringkasan satu halaman dari kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman bisnis Anda. Kelemahan dan kekuatan yang Anda masukkan akan bersifat internal, sedangkan ancaman dan peluang yang Anda sertakan bersifat eksternal.

Bergantung pada wahyu dari bagian ini, Anda mungkin atau mungkin tidak ingin memasukkan analisis saat mengirimkan perencanaan bisnis Anda secara formal kecuali jika diminta.

Sumber Daya Perencanaan bisnis

Mencari lebih banyak panduan, contoh, menulis perencanaan bisnis Anda? Sebagian besar negara memiliki administrasi atau layanan resmi yang didedikasikan untuk menyediakan informasi, sumber daya, dan alat untuk membantu pengusaha dan pemilik toko merencanakan, meluncurkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka.

Kesimpulannya

Seperti yang dapat Anda lihat, membuat perencanaan bisnis untuk bisnis Dropship Anda adalah cara yang bagus untuk memvalidasi ide bisnis Anda, temukan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, dan buat catatan  untuk masa depan bisnis Anda. Jika Anda belum melakukannya, luangkan waktu untuk membuat perencanaan bisnis untuk memulai atau mengembangkan bisnis Dropship Anda di tahun 2018!


0 Response to "Cara Menulis Perencanaan Bisnis untuk Bisnis Dropship Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel