Panduan Langkah-langkah Membuat Toko Online Dengan Mudah

Panduan Langkah-langkah Membuat Toko Online Dengan Mudah - Jadi Anda telah memutuskan ingin memulai bisnis e-commerce (membuat toko online) Anda sendiri, tapi mungkin Anda bertanya pada diri sendiri, "Nah, apa?" produk apa yang akan saya jual, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah di mana dan bagaimana Anda akan menjualnya.

Kabar baiknya adalah: Jika Dibandingkan dengan proses pembuatan produk dan melakukan penelitian yang kompetitif, langkah yang diperlukan untuk meluncurkan toko online relatif mudah.

Berikut adalah langkah-langkah Membangun toko online yang yang harus anda paham:

Panduan Langkah-langkah Membuat Toko Online Dengan Mudah

Menentukan Platform

Memilih platform mana yang akan Anda gunakan untuk membangun toko online Anda adalah keputusan yang penting. Ini adalah dasar: Semua hal hal lainnya hingga strategi pemasaran Anda - akan dibangun berdasarkan keputusan yang satu ini.

Anda harus menentukan berapa banyak waktu yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan di toko online Anda. Apakah pekerjaan Anda penuh waktu, atau sampingan? Ini akan menjadi faktor kunci dalam memilih platform yang tidak hanya sesuai dengan tujuan bisnis Anda, tetapi juga pengetahuan teknis Anda.

Tapi anda tidak usah khawatir, Kebanyakan platform e-commerce cukup user-friendly sehingga bahkan wirausahawan online pemula pun dapat membuat toko online yang terlijat profesional dengan sedikit waktu dan usaha.

Namun demikian, penting untuk memilih platform yang sesuai dengan tingkat keterampilan khusus Anda saat masih setara dengan tren dalam perdagangan. Apa cara paling efektif untuk mendapatkan informasi semacam ini? Cari tahulah.

“Bicaralah dengan pemilik bisnis e-commerce lain tentang apa yang mereka gunakan, dan kemudian pastikan Anda mencobanya sendiri," kata Casandra Campbell, pimpinan pemasaran konten di Shopify.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat menentukan platform untuk membuat toko online adalah perbedaan harga, fitur, layanan dukungan dan integrasi ke perangkat lunak pihak ketiga.

"Jika pemilik bisnis ingin melakukan lebih dari sekedar menjual, seperti memiliki blog, newsletter atau mengizinkan orang untuk memesan layanan, mereka harus memutuskannya lebih awal sehingga bisa dibangun ke toko online sejak awal," kata David Schwartz, VP e-commerce di Wix.com.

Ada puluhan bahkan ratusan perusahaan yang menawarkan layanan e-commerce, Seperti Shopify, Bigcommerce, Wix, Squarespace, GoDaddy dan Etsy.

Jika Anda ragu meluncurkan etalase penuh, namun tetap ingin menjual secara online, pertimbangkan pasar Amazon dan eBay. Ini datang dengan basis pelanggan yang mapan dan fitur perdagangan bawaan untuk hal-hal seperti layanan pelanggan, pengiriman dan pemenuhan yang memungkinkan Anda memulai usaha kecil dan secara bertahap membangun kehadiran online Anda.

Ingat, perusahaan-perusahaan ini sangat menginginkan bisnis Anda dan kebanyakan memiliki perwakilan untuk menjawab pertanyaan Anda.

Baca juga :  7 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Minim

Kenali pelanggan Anda

Sebagai pemilik etalase digital, orang-orang yang akan membelanjakan uang di situs Anda adalah prioritas utama Anda, dan Anda pasti ingin mengetahui semua hal mengenai mereka.

Berdasarkan produk yang Anda jual, cobalah melukiskan gambaran pelanggan ideal Anda, kemudian pertimbangkan apa yang perlu dilakukan untuk menariknya ke situs Anda dan jagalah agar tetap di sana cukup lama untuk melakukan pembelian (menjadi pelanggan tetap).

"Ini akan membantu Anda mencapai diferensiasi melalui penetapan harga, merchandising,  dan konten yang unik, dan taktik lainnya," kata Jimmy Duvall, chief product officer for Bigcommerce.

"Sederhananya, sebelum mulai membuat toko online anda, Anda harus bertanya pada diri sendiri mengapa seseorang bisa berbelanja di sana."

Faktor-faktor ini juga dapat mempengaruhi pilihan Anda penyedia platform e-commerce dan mempengaruhi disain dan fungsionalitas toko online Anda. Misalnya, pasar kerajinan e-commerce Etsy bukanlah platform terbesar untuk penjual independen, tapi memang menarik pembelanja tertentu.

"Etsy tidak hanya terkenal, tapi juga didirikan atas dasar barang buatan tangan dan barang antik," kata Morgan Kumpfmiller, pemilik Renovasi American Dreamers di Pittsburgh.
Mulai meRancang situs Anda
Sebagian besar pemilik bisnis memiliki estetika atau desain situs web yang spesifik saat memulai meluncurkan toko  online. Tapi bagi anda yang datang yang masih awam atau baru terjun dalam bisnis toko online ini, cara terbagus adalah mengidentifikasi situs web yang menarik bagi Anda sebagai konsumen dan memperhatikan karakteristik desain dari toko online yang ingin Anda tiru.

Selain itu, luangkan waktu untuk memikirkan konteks pembeli Anda: Apakah mereka dengan santai menjelajah dari ponsel mereka atau belanja dari perangkat komputer mereka? Kemungkinan Anda harus mempersiapkan kedua skenario, yang berarti merancang pada platform yang responsif terhadap ponsel.

"Toko Online sangat penting untuk membangun kepercayaan dan menarik pelanggan," kata Campbell.
"Penting untuk memiliki desain yang bersih dan sederhana yang juga perlu responsif sehingga bisa diakses pada perangkat apapun."

Dalam hal membangun kepercayaan, kepala perdagangan GoDaddy Tania Rojas merekomendasikan penyorotan alamat bisnis dan nomor telepon Anda sehingga pembeli tahu mereka berhadapan dengan pemilik toko online yang sah. Anda juga dapat memiliki bagian khusus untuk testimonial pelanggan atau uraian pribadi tentang Anda, pemilik toko, dan mengapa Anda memulai bisnis Anda.

Gambar juga memainkan peran besar dalam e-commerce karena mereka adalah representasi utama dari apa yang dibeli seseorang. Selalu ambil gambar berkualitas tinggi dari produk Anda dan gunakan, sehingga pelanggan Anda dapat melihat bagaimana produk terlihat dalam konteks.

Rencanakan Strategi Pemasaran Anda

Menerima pesanan pertama adalah momen besar bagi bisnis online, namun pelanggan harus benar-benar mengunjungi situs web sebelum hal itu bisa terjadi.

Seringkali seseorang  berpikir begitu segera meluncurkan toko mereka, mereka akan mendapatkan penjualan, Namun Yang tidak mereka sadari adalah untuk mendapatkan penjualan, mereka perlu melakukan strategi pemasaran.

Sebagian besar toko online menggunakan kombinasi media sosial, optimasi SEO dan pemasaran email untuk mengarahkan lalu lintas.Lihatlah apa yang berhasil dan Tiru Gaya mereka.

Jika Anda melihat Anda mengumpulkan lebih banyak penjualan dari email daripada media sosial, konfigurasikan ulang fokus Anda.

Anda juga bisa melakukan beberapa tes pemasaran sebelum melakukan penskalaan. Banyak platform periklanan besar, termasuk Google dan Facebook, menawarkan kredit gratis ke bisnis baru, memberikan kesempatan untuk menguji kampanye untuk memahami biaya akuisisi pelanggan dan tingkat konversi.

Jika Anda adalah pendatang baru, Anda harus mengarahkan lalu lintas melalui iklan untuk membangun pemirsa. Sebagian besar UKM melihat ke Facebook terlebih dahulu karena kekuatan penargetan platform iklan di Facebook begitu hebat.

Namun, periklanan di Facebook bisa sangat mahal, jadi sebaiknya mulai kecil dan lokal dengan menargetkan kota Anda terlebih dahulu dan kemudian masuk ke dalam data perilaku pembelian. "Ini akan menurunkan biaya tawaran dan jangkauan pemirsa Anda dan membantu Anda membelanjakan lebih sedikit untuk lebih memahami audiens Anda saat mengarahkan lalu lintas.

Jangan mudah menyerah

Jangan berkecil hati jika Anda mengalami beberapa keluhan saat meluncurkan toko online Anda. Selain tantangan teknis yang potensial, rasa sakit yang paling umum untuk bisnis baru berkisar seputar persediaan dan bagaimana menghasilkan penjualan.

"Ini bisa sangat banyak untuk mencari tahu apa yang akan Anda jual, pemasok mana yang akan Anda gunakan dan bagaimana Anda akan mengeluarkan produk Anda Sejauh penjualan berlangsung.

Yang terbaik adalah mempersiapkan diri untuk mengoreksi diri jika Sebagian besar konsumen yang mengunjungi toko online tidak melakukan pembelian, dan rata-rata hanya sekitar 3 dari 10 akan menyelesaikan transaksi setelah menempatkan barang di keranjang belanja mereka.

Juga, cobalah untuk tidak merasa frustrasi jika salah satu strategi pemasaran Anda tidak berhasil .Anda harus berusaha lebih keras lagi untuk mencari tahu bagaimana menjangkau audiens yang tepat.

"Jika Anda telah menjalankan strategi pemasaran, dan mengoptimalkan toko online Anda , namun masih belum melihat penjualan apa pun, hubungi pelanggan di target pemirsa Anda dan dapatkan umpan balik mereka.

Ada kemungkinan hal itu bisa terjadi karena masalah harga, atau produk mungkin tidak benar-benar sesuai dengan masalah atau kebutuhan pelanggan.

Pada akhirnya, keuntungan dari penjualan dari toko online seperti biaya pemasangan yang rendah dan jangkauan pelanggan global harus lebih besar daripada tantangan potensial lainnya.

Apapun bentuk toko online yang Anda pilih, penting untuk mempertahankan pandangan strategis dan berjangka panjang dan kemauan untuk menyesuaikan diri dengan zaman.

Nah, Inilah Panduan sederhana untuk membuat toko online dengan mudah, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin di tanyakan atau di tambahkan, silahkan isi pada kolom komentar agar kita bisa berdiskusi.

Terima Kasih,.


0 Response to "Panduan Langkah-langkah Membuat Toko Online Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel